Info Terkini :
Home » » Paradigma Kesehatan

Paradigma Kesehatan

Ditulis Oleh Promkesdinkesbone on Minggu, 03 Juni 2012 | 22.40


Upaya kesehatan terdiri atas empab bagian utama yaitu penyuluhan kesehatan, pencegahan penyakit, pengobatan penyakit dan pemulihan penyakit setelah sakit. Namun kebanyakan orang beranggapan bahwa kesehatan pilar utama pelayanannya adalah pengobatan.
Bila orang bersangkutan beranggapan demikian, tentu orang bersangkutan adalah telah keliru, karena paradigma upaya kesehatan sekarang ini telah berubah dari paradigma sakit dengan upaya pengobatannya menjadi paradigma sehat dengan mengutamakan upaya penyuluhan kesehatan dan pencehagan penyakit. Sering ada slogan yang kita dengar bahwa “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Slogan ini akan lebih menekankan upaya pemberian informasi kesehatan tentang prilaku sehat namun tetap tidak mengabaikan upaya pengobatan dengan pemulihan penyakit.
Paradigma ini yang harus dipahami oleh masyarakat sehingga akan menimbulkan perilaku yang bersama untuk menyatukan gerakan sehingga masyarakat dapat terhindar dari berbagai ancaman gangguan kesehatan atau penyakit terutama penyakit menular. Sekaitan dengan hal tersebut diperlukan berbagai keterlibatan sektor terkait untuk membicarakan disetiap perencanaan kegiatan akan selalu mengingat dan mempertimbangkan sektor kesehatan.
Yang dimaksud dengan pernyataan diatas adalah pembangunan yang berwawasan kesehatan. Dengan keterlibatan sektor terkait maka kesehatan tersebut akan menjadi milik kita semua dan tanggungjawab kita bersama. Yang menjadi penyebab bergersernya paradigma kesehatan dari paradigma sakit ke paradigma sehat tersebut adalah adanya perubahan diberbagi bidang kehidupan misalnya perubahan pola penyakit dari penyakit menular ke penyakit regeneratif atau tidak menular, tingkat pendidikan masyarakat dan perubahan gaya hidup masyarakat.
Dengan pergeseran paradigma tersebut maka upaya kesehatan akan ikut bergeser dari mengutamakan pengobatan dan pemulihan menjadi mengutamakan upaya peningkatan dan pencegahan penyakit. Perubahan paradigma tersebut harus di sosialisasikan dan mendapatkan dukungan kebijakan oleh pemerintah setempat agar percepatan informasi atau akan penawaran akan arti penting dari kesehatan dapat di terima oleh masyarakat luas.   By. Nawir. H

BERSIH ITU INDAH :
KONTAK KAMI : Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Jln. A.Yani Watampone Email : dinkes_bone@yahoo.co.id Promosi Kesehatan Dinkes Kabupaten bone Email: promkesdinkesbone@yahoo.com :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Promkesdinkesbone - All Rights Reserved
PROMOKESEHATAN KABUPATEN BONE - PROMOSI KESEHATAN KABUPATEN BONE Desain Teluk Bone
Login - Administrator