Info Terkini :
Home » » Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan

Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan

Ditulis Oleh Promkesdinkesbone on Senin, 04 Juni 2012 | 17.37

Kesehatan individu, keluarga, kelompok dan masyarakat   dipengaruhi oleh empat unsur utama yaitu :

1.       Lingkungan
Pada saat sekarang ini sudah menjadi perbincangan oleh para ahli kesehatan masyarakat bahwa unsur yang paling berpengaruh di dalam perubahan status kesehatan adalah faktor lingkungan akan tetapi kelompok disiplin ilmu perilaku membantah bahwa faktor utama yang mempengaruhi status kesehatan adalah prilaku individu, keluarga, kelompok dan masyarakat.

2.       Prilaku
Dari perbincangan dua kelompok ahli tersebut, ahli prilaku memberikan contoh bahwa lingkungan akan menjadi rusak akibat prilaku yang tak terpuji misalkan membuang sampah bukan pada tempat yang telah disediakan, dimana-mana terdapat sampah baik organik maupun non organik dikarenakan ulah manusia bukan ulah lingkungan itu sendiri.
                Dari uraian tersebut diatas dapatlah dipahami bahwa antara lingkungan dengan prilaku merupakan dua unsur penting di dalam penataan lingkungan sehingga baik prilaku maupun lingkungan itu sendiri dapat memjadi perhatian kita bersama, apalagi kesehatan adalah modal bangsa, investasi masa depan yang lebih baik dan hak azasi yang harus dimiliki oleh setiap orang.

3.       Pelayanan kesehatan
Selain faktor lingkungan dan prilaku, status kesehatan juga sangat ditentukan oleh pelayanan kesehatan. Untuk meningkatkan peranan pelayanan kesehatan di dalam meningktakan status kesehatan saat ini telah di bangun di semua tempat di desa dan kelurahan sebuah gedung yang sering disebut pos kesehatan desa (Poskesdes), maaf buka pusat kesehatan desa (puskesdes). Upaya pengadaan tempat tersebut merupakan upaya bersama pemerintah dan masyarakat bahkan sedapat mungkin menjadi upaya masyarakat itu sendiri. Dengan adanya tempat tersebut maka pelayanan kesehatan terhadap masyarakat akan menjadi dekat. Pelayanan kesehatan yang dapat dilakukan di Poskesdes adalah upaya promosi kesehatan, pencegahan penyakit, pengobatan penyakit ringan serta pemulihan setelah sakit. Perlu juga diketahui bahwa yang dimaksud dengan pengobatan  di Poskesdes itu sangat terbatas, bukan semua penyakit dapat diberikan pengobatan di tempat tersebut.
Petugas yang ada di Poskesdes juga harus mengerti dan memahami tentang hal tersebut karena pemahaman masyarakat terhapat tempat tersebut, menyamakan dengan Puskesmas ataupun Rumah Sakit. Padahal tujuan utama pelayanan kesehatan yang ada di Poskesdes adalah promosi kesehatan dan konsultasi hidup sehat jadi yang menjadi sasaran pengunjung sebenarnya lebih diarahkan ke orang sehat bukan orang sakit.  

4.       Keturunan
Telah manjadi aturan bahwa semua calon pengantin harus memeriksakan diri ke dokter atau memiliki keterangan sehat dari dokter sebelum melangungkan pernikahan agar terbentuk keluarga yang berkualitas dan terlahir generasi baru yang juga berkualitas. Pemeriksaan kesehatan bukan untuk menghalangi berlangsung pernikahan oleh kedua belah pihak akan tetapi merupakan upaya deteksi dini terhadap keberlangsungan bangsa dengan pencegahan lebih dini dan informasi lebih dini tentang kehidupan kesehatan keluarga akan tercapai. Peran pemangku adat dan agama di wilayah setempat dapat memberikan kontribusi yang sangat besar di dalam hal ini. By. Nawir. H
BERSIH ITU INDAH :
KONTAK KAMI : Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Jln. A.Yani Watampone Email : dinkes_bone@yahoo.co.id Promosi Kesehatan Dinkes Kabupaten bone Email: promkesdinkesbone@yahoo.com :

2 komentar:

Benteng Jaya mandiri mengatakan...

Assalamu alaikum : kami salut tulisan bapak ....Sukses dan trims informasinya

Saracensa mengatakan...


Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)

Poskan Komentar

 
Copyright © 2012. Promkesdinkesbone - All Rights Reserved
PROMOKESEHATAN KABUPATEN BONE - PROMOSI KESEHATAN KABUPATEN BONE Desain Teluk Bone
Login - Administrator