Info Terkini :
Home » » Masalah Kesehatan AdalahTanggung Jawab Bersama

Masalah Kesehatan AdalahTanggung Jawab Bersama

Ditulis Oleh Promkesdinkesbone on Kamis, 31 Mei 2012 | 18.24


Banyak masalah kesehatan yang ada di Indonesia, termasuk timbulnya berbagai kejadian luar biasa yang dipengaruhi oleh perilaku masyarakat. Seperti KLB diare penyebab utamanya adalah rendahnya prilaku mencuci tangan pakai sabun, minum air yang tidak dimasak, buang air sembarangan, KLB demam berdarah karena perilaku yang kurang peduli terhadap upaya pemberantasan sarang nyamuk dan kesehatan lingkungan, tingginya penyakit saluran nafas, TBC serta berbagai penyakit menular lainnya juga karena perilaku masyarakat terhadap kebersihan rumah masih rendah. Demikian juga dengan perawatan kehamilan, persalinan, nifas serta persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan menjadi penyebab tingginya angka kematian ibu dan bayi di Indonesia. Selain itu masih banyak terjadi perilaku masyarakat yang menyababkab terjadinya KLB Polio, KLB Flu Burung, meningkatnya jumlah penderita HIV/AIDS. Disamping itu perilaku masyarakat yang menyebabkan meningkatnya kasus penyakit menular, juga masih banyak lagi perilaku masyarakay di Indonesia yang meenyebabkan meningkatnya jumlah penderitapenyakit degenerative atau penyakit tidak menular., misalnyan penyakit jantung, kanker, DM, paru-paru. Hal ini disebabkan oleh perilaku masyarakat yang tidak menerapkan gaya hidup sehat.
Saat ini, perilaku masyarakat merupakan factor utama yang menyebabkan masalah kesehatan, oleh sebab itu upaya untuk pemberdayaan masyarakat agar mampu berperilaku hidup bersih dan sehat menjadi prioritas utama dalam program kesehatan. Dalam mengantisipasi perilaku masyarakat yang belum menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, peran promosi kesehatn sangatlah penting. Ruang lingkup promkes tidak hanya berfokus pada perubahan perilaku masyarakat saja, tetapi juga merupakan upaya membangun komitmen dan dukungan kongkrit dari penentu kebijakan serta kelompok atau organisasi masyarakat termasuk swasta untuk berperan serta aktif dalam pembangunan berwawasan kesehatan. Salah satu upaya kesehatan yaitu promosi kesehatan juga berperan dalam proses peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, melalui peningkatan kualitas petugas kesehatan agar lebih responsive dalam memberdayakan kliennya sehingga mampu menjaga serta meningkatkan kesehatannya dengan berperilaku hidup bersih dan sehat.
Upaya akan berakhir pada upaya kebersamaan akan tetapi harus diawali dengan terlebih dahulu dengan upaya individu, kemudian keluarga dan kelompok. Dengan upaya yang kecil akan memberikan arti yang besar akan pentingnya upaya kesehatan tersebut. Demikian juga sebaliknya kelalian kecil terhadap upaya kesehatan juga akan sangat berdampak besar (negatif) terhadap masalah kesehatan. By Nawir H


BERSIH ITU INDAH :
KONTAK KAMI : Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Jln. A.Yani Watampone Email : dinkes_bone@yahoo.co.id Promosi Kesehatan Dinkes Kabupaten bone Email: promkesdinkesbone@yahoo.com :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Promkesdinkesbone - All Rights Reserved
PROMOKESEHATAN KABUPATEN BONE - PROMOSI KESEHATAN KABUPATEN BONE Desain Teluk Bone
Login - Administrator